Social Icons

Blog Keris Pusaka;silakan call/sms ke nomor;087855335960 @ 081235415435

Pages

Selasa, 04 Desember 2012

Keris Kamardikan

Keris KamardikanAda pertanyaan dari seorang pembaca :

" Mungkinkah keris tangguh kamardikan bisa memiliki tuah yang lengkap ? "


Ulasannya sebagai berikut :

Keris Kamardikan adalah keris-keris yang dibuat pada jaman sekarang (keris-keris jaman kemerdekaan) untuk melestarikan seni perkerisan. Filosofi, ritual dan proses laku pembuatannya dan bentuk-bentuk kerisnya sudah disesuaikan dengan kreasi manusia pada jaman sekarang, tidak sama lagi dengan keris-keris dan cara-cara empu keris jaman dulu.

Sebagian besar keris-keris kamardikan dalam pembuatannya sudah disesuaikan dengan pertimbangan manusia jaman sekarang, yang dalam pembuatannya tidak lagi dilakukan dengan ritual-ritual yang serupa dengan cara empu-empu keris jaman dulu. Unsur gaib keris seringkali berbenturan dengan agama dan sikap berpikir manusia jaman sekarang yang tidak mau lagi dikaitkan dengan yang bersifat gaib. Karena itu pada keris-keris kamardikan kita tidak bisa mengharapkan kegaiban yang sama seperti halnya keris-keris tua jaman dulu. Seringkali malah keris-keris kamardikan tersebut kosong tidak berpenghuni gaib, karena dalam pembuatannya memang hanya ditujukan untuk melestarikan unsur seninya saja, bukan unsur gaib atau mistisnya.

Selain filosofi dan laku pembuatan keris yang berbeda, bentuk-bentuk dapur dan pamor keris pun berbeda. Pada keris-keris kamardikan ada banyak sekali variasi model dapur dan pamor keris. Selain itu kematangan tempaan logam kerisnya pun berbeda.

Karena itu dalam pemeliharaan keris kamardikan jangan disamakan dengan cara-cara pemeliharaan keris jawa. Keris-keris kamardikan tidak perlu dijamas seperti halnya keris-keris jawa tua. Dalam pemeliharaan fisiknya cukup dilakukan pelumasan / pembersihan saja untuk menjaga supaya badan kerisnya tidak kotor dan tidak berkarat. Tetapi penjamasan keris perlu dilakukan jika diinginkan adanya pewarangan keris yang akan menambah indah gambar pamor di badan keris (dengan adanya pewarangan keris gambar pamor keris akan tampak lebih kontras). Selain alasan itu penjamasan keris tidak diperlukan.


Seringkali kami menemukan keris-keris kamardikan yang kosong tidak berpenghuni gaib. Seandainya pun ada isi gaibnya, atau awalnya kosong tetapi kemudian ada sosok gaib tertentu yang berdiam di dalam keris itu, seringkali jenis gaibnya bukan dari jenis gaib wahyu keris seperti keris-keris jawa tua jaman dulu, tetapi bisa dari jenis gaib apa saja. Sosok gaib yang berdiam di dalam keris kamardikan bisa saja memberikan tuah tertentu kepada si pemilik keris, tetapi sebagian yang lain tidak memberikan tuah kepada si pemilik keris, karena mereka hanya numpang tinggal saja disitu.

Seandainya sebuah keris kamardikan ada berpenghuni gaib di dalamnya dan jenisnya adalah bangsa jin, justru keris itu dapat memberikan tuah yang lengkap, karena jenis gaibnya itu tidak terikat dengan hierarki status dan kelas gaib keris, tetapi akan berfungsi sama dengan benda-benda bertuah lain seperti batu akik dan mustika. Tinggal kemampuan si pemilik kerisnya saja untuk mengsugesti kegaiban keris tersebut, misalnya dengan membacakan amalan gaib tertentu kepada kerisnya (amalan gaib bisa dicari di internet). Hanya saja keris kamardikan tersebut tidak bisa memberikan tuah yang terkait dengan wahyu dan leluhur seperti halnya keris-keris jawa tua.

Jika keris kamardikan itu kosong tidak berpenghuni gaib, atau berpenghuni gaib tapi tidak memberikan tuah tertentu, maka tidak diperlukan pemberian sesaji. Tetapi jika keris itu berpenghuni gaib dan memberikan tuah tertentu, jika tuah itu diinginkan, maka keris itu perlu diberikan sesaji. Dalam sesajinya, keris-keris kamardikan juga jangan disamakan dengan keris-keris jawa tua, tetapi harus disamakan dengan benda-benda gaib lain seperti akik dan mustika (jenis sesajinya tergantung pada jenis sosok gaib di dalamnya).

Tanya :

Lantas bagaimana seumpamanya itu adalah keris reproduksi keris sepuh,,
mungkinkah masih bisa bertuah sama seperti waktu pertamakali dibuat?

Jawab :
Semuanya tergantung pada keris dan isi gaib di dalamnya.
Ada keris-keris tertentu yang adalah reproduksi keris tua, artinya keris-keris tua dilebur lagi dan dibentuk menjadi keris baru. Sekalipun keris-keris itu adalah bentukan baru, tetapi akan tampak sebagai keris tua, karena logamnya berasal dari leburan logam keris tua. Biasanya jenis keris ini akan berisi sosok gaib di dalamnya, tetapi jenis gaibnya bisa apa saja. Keris-keris ini sering disebut sebagai Keris Reproduksi.

Seandainya sebuah keris kamardikan ada berpenghuni gaib, maka isi gaibnya itu bisa dari jenis apa saja, bisa dari jenis bangsa jin, kuntilanak, gondoruwo, atau pun jenis mahluk halus lainnya, sama seperti benda-benda gaib lain. Karena itu orang-orang yang memiliki benda-benda gaib tersebut sebaiknya berwaspada, terutama pada perwatakan mahluk halusnya dan pengaruh negatif dari keberadaannya (misalnya mencari tahu dengan cara yang sama seperti menayuh keris). Jika jelas bahwa perwatakan sosok gaib benda itu tidak baik dan ada memberikan pengaruh negatif, maka sebaiknya segera melakukan Pembersihan Gaib.

Untuk lebih menegaskan perbedaan keris kamardikan dengan keris jawa tua kami berikan penjelasan berikut. Keris Kamardikan adalah keris-keris baru yang dibuat pada jaman sekarang (keris jaman kemerdekaan), yang filosofi pembuatannya tidak lagi sama dengan filosofi pembuatan keris jawa tua, karena sudah disesuaikan dengan perkembangan jaman. Keris Kamardikan dibuat dengan tujuan untuk melestarikan seni perkerisan, bukan untuk melestarikan unsur gaib atau mistis keris. Dengan demikian tujuan pembuatan keris kamardikan adalah sesuai dengan pengertian Keris Ageman, bukan untuk keris tayuhan. Dalam dunia perkerisan, keris kamardikan ini sering disebut sebagai keris-keris baru.

Tetapi pada jaman sekarang masih ada empu-empu keris yang membuat keris-keris dengan filosofi, ritual dan proses pembuatan yang masih sama dengan empu-empu keris jawa jaman dulu. Seringkali keris-keris ini masih mengandung unsur gaib dan mistis yang sama dengan keris-keris jawa tua. Keris-keris ini tidak termasuk sebagai keris kamardikan, tetapi tetap tergolong sebagai keris jawa, umurnya saja yang masih muda (sering disebut keris muda, tetapi bukan keris baru).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SILAHKAN BERI MASUKAN UNTUK MENUNJANG KARYA