Social Icons

Blog Keris Pusaka;silakan call/sms ke nomor;087855335960 @ 081235415435

Pages

Kamis, 29 November 2012

APA ITU KERIS DAN APA MAKNANYA KERIS

Apa itu Keris?
Keris adalah salah satu senjata tradisional yang menjadi khasanah budaya Indonesia. Keris adalah budaya asli Indonesia.Namun dalam masyarakat kita terkadang ada kekeliruan dan kerancuan mengenai apa yang dinamakan keris. Sebuah benda bisa digolongkan sebagai keris bila benda itu memenuhi kriteria sebagai berikut.

Pertama, keris terdiri dari dua bagian utama, yakni bagian bilah keris (termasuk pesi) dan bagian ganja. Bagian bilah dan pesi melambangkan ujud lingga, sedangkan bagian ganja melambangkan ujud yoni. Dalam falsafah Jawa, yang bisa dikatakan sama dengan falsafah Hindu, persatuan lingga dan yoni merupakan perlambang harapan dan kesuburan, keabadian (kelestarian) dan kekuatan.

Kedua, bilah keris harus selalu membuat sudut tertentu terhadap ganja, tidak tegak lurus. Kedudukan bilah keris yang miring atau condong ini adalah perlambang dari sifat orang Jawa dan suku bangsa Indonesia lainnya, bahwa seseorang apa pun pangkat dan kedudukannya, harus senantiasa tunduk dan hormat, bukan saja pada Sang Pencipta tetapi juga pada sesamanya.

Ketiga, ukuran panjang bilah keris yang lazim adalah antara 33 cm sampai 38 cm. Beberapa keris luar Jawa bisa mencapai 58 cm, bahkan keris buatan Filipina Selatang panjangnya ada yang mencapai 64 cm, yang terpendek adalah keris Burda dan keris buatan Nyi Sombro Pejajaran yakni hanya sekitar 16-18 cm.
Sesungguhnya keris yang amat kecil dan pendek misalnya berukuran 12 cm tidak bisa digolongkan sebagai keris melainkan jimat yang berbentuk keris-kerisan.

Keempat, keris yang baik harus dibuat dan ditempa dari tiga macam logam, minimal dua, yakni besi, baja dan bahan pamor. Keris-keris tua, semisal keris Buda, tidak menggunakan Baja.

Oleh karena itu, berdasarkan uraian di atas, keris yang dibuat dari kuningan, seng dan bahan logam lainnya tidak bisa digolongkan sebagai keris. Begitu juga dengan keris yang dibuat bukan dengan cara ditempa, melainkan dicor atau dibuat dari guntingan drum bekas aspal tidak bisa digolongkan sebagai keris.


Sumber : Ensiklopedi Keris,Terbitan Gramedia, Bambang Harsrinuksmo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERI MASUKAN UNTUK MENUNJANG KARYA