Social Icons

Blog Keris Pusaka;silakan call/sms ke nomor;087855335960 @ 081235415435

Pages

Rabu, 26 Desember 2012

PAMOR KERIS MASIR MALELO

  



Pamor pasir malelo
Salah satu keindahan dari sebuah keris adalah adanya gradasi warna pada bilah yang disebut sebagai pamor.

Pada mulanya keris dibuat tanpa niatan untuk membuat pamor pada bilahnya.  seiring dengan perkembangannya, para empu mulai memberi perhatian lebih pada corak pada bilah keris yang terjadi akibat adanya perbedaan dari bahan pembuat bilah keris.

Pada akhirnya, para empu menemukan bahwa bahan terbaik untuk membuat gradasi pada bilah keris adalah nikel.
Selama masa mataram, nikel sebagai bahan keris diperoleh dari daerah Luwu.  Sebagian keris, terutama keris-keris untuk ndalem keraton, menggunakan bahan dari sisa meteor yang jatuh di bumi.  Salah satunya adalah meteor prambanan yang jatuh pada tahun 1749 M pada masa Paku Buwono III,  sisa-sisanya masih ada di kraton  sekarang dengan sebutan kanjeng kyai pamor.

contoh pamor adalah sebagai berikut :


Pamor masir malelo banyak dijumpai pada keris keris jaman Mataram.

Sebagian berpendapat bahwa akibat blokade Belanda sehingga para empu mengalami kesulitan dalam mencari bahan pamor dari Luwu.  Akhirnya, para empu, terutama empu pesisir dan empu luar keraton mencoba menggunakan bahan dari pasir besi yang diambil dari pesisir pantai.
Akibat kurangnya teknologi, maka bahan yang diperoleh mengandung banyak sekali bahan pengotor, sehingga Keris yang dibuat akhirnya memiliki gradasi warna kecil-kecil yang mirip dengan kerlipan di bilahnya. kerlap-kerlip logam ini terjadi akibat belum meleburnya Nikel dan timbal dengan besi.

Ada juga yang berpendapat bahwa malelo merupakan bahan las pada jaman kuno, bahan ini dipakai karena memiliki sifat yang tidak mudah berkarat,tapi tidak semuanya pamor masir malelo buatan mataram semua,ada keris di masing  masing daerah,juga memakai bahan pasir malelo,salam budaya tosan aji nusantara

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SILAHKAN BERI MASUKAN UNTUK MENUNJANG KARYA