Social Icons

Blog Keris Pusaka;silakan call/sms ke nomor;087855335960 @ 081235415435

Pages

Senin, 03 Desember 2012

KERIS SEPANG

SEPANG

Dhapur Sepang adalah nama salah satu dhapur keris lurus dengan panjang bilah sedang.  Ada yang mengatakan bahwa cirinya hanya memakai kembang kacang tanpa pejetan dan tanpa ricikan lain. Ada juga pendapat lain yang menyatakan bahwa dhapur Sepang bilahnya simetris, tanpa ricikan, tanpa gandik, kadang-kadang ada tingil kembar di kanan-kiri. Pada keris koleksi saya di atas mungkin lebih masuk pada pendapat kedua. Bagi yang percaya aspek esoteri keris, dhapur Sepang dianggap memiliki tuah yang baik untuk membangun kerukunan suami istri.



Pamor Wengkon Wos Wutah
Secara harfiah nama Wos Wutah berarti ‘beras tumpah’. Pamor ini oleh kebanyakan penggemar keris dianggap memiliki tuah yang dapat membuat pemiliknya mudah mencari rezeki dan hidupnya tenteram. Namun banyak ahli tanjeg keris yang mengatakan bahwa pamor Wos Wutah, kadang-kadang terdapat tuah lain yang ‘tersembunyi’. Misalnya ada pamor Wos Wutah yang tuahnya dapat menghindarkan pemiliknya dari bahaya kebakaran.

Pamor wengkon seperti garis yang membentuk bingkai pada bilah keris. Kata wengkon sendiri artinya bingkai. Terkadang pamor ini disebut juga dengan pamor lis-lisan.
Tuah pamor wengkon bagi yang percaya bisa melindungi pemiliknya dari bahaya, penangkal guna, penangkal fitnah, mencegah dari gangguan binatang buas, mencegah sifat boros, dsb

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SILAHKAN BERI MASUKAN UNTUK MENUNJANG KARYA