Social Icons

Blog Keris Pusaka;silakan call/sms ke nomor;087855335960 @ 081235415435

Pages

Senin, 03 Desember 2012

Dhapur Keris


Dhapur, adalah istilah yang digunakan untuk menyebut nama bentuk atau type bilah keris. Dengan menyebut nama dapur keris, orang yang telah paham akan langsung tahu, bentuk keris yang seperti apa yang dimaksud. Misalnya, seseorang mengatakan: “Keris itu ber-dapur Tilam Upih”, maka yang mendengar langsung tahu, bahwa keris yang dimaksud adalah keris lurus, bukan keris yang memakai luk.

Lain lagi kalau disebut dapur-nya Sabuk Inten, maka itu pasti keris yang ber-luk sebelas.
Dunia perkerisan di masyarakat suku bangsa Jawa mengenal lebih dari 145 macam dapur keris. Namun dari jumlah itu, yang dianggap sebagai dapur keris yang baku atau mengikuti pakem hanya sekitar 120 macam saja.

Serat Centini, salah satu sumber tertulis, yang dapat dianggap sebagai pedoman dapur keris yang pakem memuat rincian jumlah dapur keris sbb:
- Keris lurus ada 40 macam dapur.
- Keris luk tiga ada 11 macam.
- Keris luk lima ada 12 macam.
- Keris luk tujuh ada 8 macam.
- Keris luk sembilan ada 13 macam.
- Keris luk sebelas ada 10 macam.
- Keris luk tigabelas ada 11 macam.
- Keris luk limabelas ada 3 macam.
- Keris luk tujuhbelas ada 2 macam.
- Keris luk sembilan belas, sampai luk duapuluh sembilan masing-masing ada semacam.

Namun, menurut manuskrip Sejarah Empu, karya Pangeran Wijil, jumlah dapur yang dianggap pakem lebih banyak lagi. Catatan itu menunjukkan :
- dapur keris lurus ada 44 macam,
- luk tiga ada 13 macam,
- luk sebelas ada 10 macam,
- luk tigabelas ada11 macam,
- luk limabelas ada 6 macam,
- luk tujuhbelas ada 2 macam,
- luk sembilanbelas sampai luk duapuluh sembilan ada dua macam, dan
- luk tigapuluh lima ada semacam.

Jumlah dapur yang dikenal sampai dengan dekade tahun 1990-an, lebih banyak lagi.


Dhapur Betok

bentok
Salah satu dapur keris berukuran bilahnya lebar dibandingkan bilah keris lainnya.
Panjang bilahnya pendek lurus, gandiknya panjang, pejetannya dangkal, dan merupakan keris yang tua umurnya.


Dhapur Brojol

brojol
salah satu dapur keris lurus, ada dua versi, pertama bilah pendek, lebar, tipis, gandiknya polos tipis, pejetan dangkal dan samar samar, kadang memakai ganja iras tanpa ricikan lainnya.
Versi kedua bilahnya sedang dan lurus, gandik polos, pakai pejetan tanpa ricikan lainnya. Beda dengan Tilam Upih, pada dapur Brojol tidak ada alis


Dhapur Cengkrong

cengkrong
salah satu dapur keris lurus, bilahnya sedang posisinya agak membungkuk, bagian gandik terletak dibelakang, panjang sampai lebih dari setengah bilah, tanpa ricikan apa apa, beberapa jenis dapur cengkrong ada yang luk 3, 5, 7, luk terletak diujung keris, dulu banyak dimiliki oleh alim ulama.


Dhapur Cundrik


cundrik
salah satu dapur keris lurus berukuran kecil sekitar sejengkal bilahnya umumnya agak tebal dan membungkuk, gandik terletak dibelakang berukuran panjang dan terdapat kruwingan yang jelas dan tegas, sepintas seperti keris Cengkrong.


Dhapur Gajah Singa

gajah singa
nama salah satu jenis hiasan kinatah yang ditempatkan bagian bawah ganja. Permukaan yang tidak tertutup hiasan gajah singa dihiasi ornamen hiasan lain.
Kinatah gajah singa diberikan karena keris tersebut telah berjasa membantu pemiliknya, terjadi pada pemerintahan Sultan Agung Anyokrokusumo. waktu itu didaerah Pati, Jawa Tengah bagian utara, terjadi pemberontakan yang dipimpin Adipati Pragola, sesudah pemberontakan berhasil dipadamkan maka Raja Mataram memberikan tanda kehormatan Kinatah Gajah Singa pada prajuritnya.


Dhapur Singa

singa
nama salah satu jenis hiasan kinatah yang ditempatkan bagian bawah ganja. Permukaan yang tidak tertutup hiasan singa dihiasi ornamen hiasan lain.


Dhapur Jaka Lola

jaka lola


Dhapur Kebo Lajer

kebo lajer


Dhapur Kelap Lintah

kelap lintah
salah satu dapur keris lurus, ukurannya sedang, bilahnya simetris, mempunyai 2 buah gandik, gandik ini polos didepan dan belakang, tanpa ricikan apa-apa. Ganjanya iras dan bentuknya kelap lintah


Dhapur Pasopati

pasopati
nama salah satu dapur keris lurus, ukuran bilahnya sedang dan menampilkan kesan ramping, ricikannya memakai kembang kacang pogok, lambe gajahnya satu, sogokan dua, ukuran normal serta ri pandan. Kadangkala Pasopati juga memakai gusen dan lis-lisan. Nama Pasopati ini berlainan dengan senjata pusaka Arjuna.


Dhapur Karna Tanding

karno tinanding
nama salah satu dapur keris lurus, ukuran bilah sedang, bentuknya ada dua macam. Pertama keris dengan bilah simetris, memakai sogokan rangkap, sraweyan, greneng didepan dan belakang.
Ada yang mengatakan tidak pakai greneng melainkan kembang kacang dan satu lambe gajah didepan dan belakang.


Dhapur Sujan Ampel

sujan ampel
nama salah satu dapur keris lurus yang panjang bilahnya sednag tetapi agak tebal. Selain itu memakai kembang kacang, jenggot , lambe gajahnya satu, ri pandan.
Sujen Ampel juga dipakai untuk nama dapur tombak lurus.


Dhapur Kebo Teki

kebo teki


Urubing Dilah

urubing dilah
salah satu dapur keris luk satu, disebut dapur DAMAR MURUB, gandik polos memakai pejetan, tikel alis dan greneng, bilah berukuran sedang, lurus tetapi dipucuk bilah ada luk satu.
Keris ini mudah dikenali dengan adanya sebuah luk diujungnya dan tergolong langka


Dhapur Panji Ciluring

panji ciluring


Dhapur Lar Monga

lar monga


Dhapur Sabuk Inten

sabukinten
salah satu dapur keris luk 11, ukuran panjang bilah sedang, memakai kembang kacang, lambe gajah dua, sogokan rangkap, sraweyan dan ri pandan. Kadang ada yang luk 13, namun ada yang mengatakan itu adalah dapur Sengkelat.


Dhapur Bandotan

bandhotan


Dhapur Jalak Dinding

 Keris Lurus Jalak Dinding Pamor Ron Genduru Yogyakarta 1986 by ASMARANING

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SILAHKAN BERI MASUKAN UNTUK MENUNJANG KARYA